Arsip Blog

Khoirul Ahsan. Diberdayakan oleh Blogger.
Khoirul Ahsan - Find me on Bloggers.com
Rabu, 08 Februari 2012

PENTINGNYA MEMPELAJARI IKHTIOLOGI

Ikhtiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ikan dan semua aspek kehidupanya. Topik kajianya meliputi taksonomi, anatomi ikan, habitat, dan prilaku. Ikan memiliki kandungan gizi yang unggul yaitu protein yang mudah di cerna tubuh, dan juga banyak kandungan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Saat ini ikan menjadi salah satu komoditas yang sangat penting bagi manusia sebagai penyedia protein hewani yang meyehatkan, dan sumber makanan bagi populasi manusia yang jumlahnya mengikuti trend maningkat. Ikan telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia, sehingga kebutuhan untuk mempelajarinya sangat mendesak. Ketergantungan terhadap ikan harus diimbangi peningkatan pengetahuan manusia tentang ikan agar manusia dapat mengelola sumber daya ikan yang tersedia dengan bijaksana.
Jumlah species ikan adalah yang terbanyak di kalangan vertebrata. Ikan juga merupakan binatang yang mempunyai kisaran adaptasi terluas di muka bumi. Keanekaragaman species dan luas persebaranya, membuat ikan selalu menjadi obyek belajar yang unik dan misterius. Beragam warna, sifat, ukuran, cara hidup, hingga modifikasi anggota tubuhnya merupakan obyek belajar yang tiada habisnya, serta menjadi tantangan sendiri bagi pihak yang mendedikasikan hidupnya untuk mempelajarinya.

 Keuntungan mempelajari iktiologi hampir tak terbatas, orang-orang yang mempelajari ilmu ini  adalah para ahli  ikan profesional maupun yang bukan.  Banyak kontribusi tentang ikan yang datang dari para ahli filsafat, pemuka agama, dokter, nelayan dan para penggemar hewan air.  Keuntungan dalam penelitian juga tidak terhingga dimana aspek tentang ikan, lebih banyak yang belum diketahui dari pada yang sudah diketahui. Tidak banyak yang memilih profesi pengajar pada bidang iktiologi ini, mereka yang terjun di bidang ini adalah orang yang memiliki rasa tanggung jawab untuk belajar dan mengajar tentang ikan. Di bidang ilmu ini peluang untuk bekerja mengembangkan kepedulian terhadap ikan serta belajar dari koleksi museum-museum cukup besar. Tugas-tugas orang yang bekerja di museum meliputi, pengembangan ilmu pengetahuan, studi sejarah, pengadaan koleksi baru, pengawasan terhadap koleksi museum, penerbitan karya ilmiah dan lain-lain.   

0 komentar:

...:: WIS ::...

Tolong Kasih Makan IkanKu

My Ping in TotalPing.com